recent

Sedekah Bisa Menolak 70 Jenis Bala Atau Musibah

Sumber Foto : Buya Yahya
KONDISI LOCK DOWN
Mari kita lihat perhatikan disekitar kita, mungkin ada saudara kita kaum dhuafa yang lagi membutuhkan uluran tangan kita, bantulah!
(AJAKAN BMU PEDULI UMMAT) 

SEKRETARIS Dewan Keluarga Masjid (DKM) Masjid El Syifa Ciganjur Ustadz Hadi Saifullah menuturkan, salah satu amalan sederhana yang dapat menolak atau menghalau bala adalah sedekah.

"Hadist Nabi Muhammad sudah menjelaskan bahwa sedekah itu menolak 70 jenis bala atau musibah," ujarnya saat dihubungi Okezone, Jumat (27/3/2020).

"Sedekah dapat menolak 70 macam bencana dan yang paling ringan (di antara bencana itu) adalah wabah penyakit kusta dan lepra," (HR. Thabrani dalam Mu’jamul Kabir) .

Hadi melanjutkan, di dalam sedekah juga terkandung nilai-nilai sosial karena akan tumbuh saling peduli, bekerja sama atau saling tolong menolong.

Dari Abu Hurairah, Rasulullah SAW bersabda, yang artinya:

"Setiap anggota badan manusia diwajibkan bersedekah setiap harinya selama matahari masih terbit. Kamu mendamaikan antara dua orang yang berselisih adalah sedekah. Kamu menolong seseorang naik ke atas kendaraannya atau mengangkat barang bawaannya ke atas kendaraannya adalah sedekah. Setiap langkah kakimu menuju tempat shalat juga dihitung sedekah dan menyingkirkan duri dari jalan adalah sedekah."(HR Bukhari dan Muslim).

Hadist tersebut menjelaskan bahwa sedekah juga dapat meredakan dan menghindari perselisihan. Kemudian sedekah tidak hanya berupa harta benda, namun menolong seseorang seperti memberi tempat duduk kepada orang yang lebih tua di kendaraan umum juga tergolong sedekah.

"Jadi musibah COVID-19 ini bisa kita lawan dan basmi dengan kebersamaan kita sebagai rakyat, sesuai dengan posisi masing-masing," pungkasnya.[]Sumber:okezone
Sedekah Bisa Menolak 70 Jenis Bala Atau Musibah Reviewed by barisan muda ummat on March 28, 2020 Rating: 5

No comments:

All Rights Reserved by Barisan Muda Ummat © 2018
Powered By Blogger, Touch by Nasrullah

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.